Februari 09, 2012

Tahun 2012 Adalah Tahun Sandal



Untuk beberapa saat Mari saya ajak teman-teman memberi kesempatan untuk sekadar beriseng-iseng ria membangkitkan kembali kearifan lokal ilmu leluhur jawa, uthak athik athuk. Iseng? Uthak athik athuk? Ya, hal ini terpaksa saya sebut hanya untuk sekadar mendinginkan hati saya bila ternyata teman-teman tidak sepakat dengan apa yang hendak saya “dongengkan”.


Sebenarnya kisah ini bergenre science-mystique futuristic. meskipun sesungguhnya, jauh-jauh hari sudah pernah saya perbincangkan dengan beberapa sahabatku yang saya percaya mereka akan mempercayaiku. Terlebih lagi bobot perbincangan makin meningkat menjelang habisnya sisa usia tahun 2011. akumulasi tensi urgensi materi perbincangan terindikasi dari betapa sangat rajinnya saya, hingga crowded menyangat di lalu lintas Hpku. Tak henti-hentinya HP bututku menyalak. Sms bergerak beraksi mencuri ruang di inbox HP sahabat-sahabatku. Bukan warta biasa isi smsku. Apalagi sekadar just say hello. Ada muatan pesan yang boleh dibilang the X Fike.



Bermula dari kegaduhan global mengenai isu kiamat 2012, saya mulai mengais beragam referensi. Studi pustaka baik horizontal maupun vertikal bahkan transendental kerap mesti saya sambangi. Hinngga akhirnya mengental pada sebentuk tulisan berikut ini.



berbekal shortcut dari Caknun di awa-awal tahun 2011, saya mencoba membongkar kode 2012 sebagaimana angka yang sama untuk tahun ini dengab memakai pendekatan kode numerologi alquran. mungkin hampir mirip (meski agak dipaksakan) dengan teori yang dipopulerkan KH. Fakmi Basya dengan misteri Botobudurnya; matematika alquran. angka 20 saya temukan angka tersebut pada surah Toha karena memang surah Toha bernomor urut 20. selanjutnya kucari angka 12 dalam surah Toha tersebut. Nah jatuhlah mataku di ayat ke-12 dari surah yang ke-20. “Sesungguhnya Aku ini Tuhanmu, maka lepaskanlah kedua sandalmu. Sesungguhnya kamu berada di lembah yang suci; Thuwa”, begitulah terjemahannya.



Bila kita cermati, bunyi ayat tersebut berjantung pada: lepaskanlah kedua sandalmu. Sekadar mengingatkan, jauh hari kita telah diributkan dengan isu besar berkenaan kiamat di tahun 2012. isu tersebut bermuasal dari penafsir kalender peradaban canggih suku maya yang dengan haqqul yakinnya berani menyatakan di tahun 2012 dunia bakal gulung layar. Gemparlah semesta.



Isu kiamat bak tak bergigi dalam keyakinanku sebagai muslim. Tapi tak arif pula bila saya meremehkan akurasi kecanggihan penanggalan sisa peninggalan peradaban luar biasa suku maya dan insting tajam para penafsir futuristik. Maka akupun menoleransi dengan mengambil sikap ummatan wasathan, jalan tengah. Kiamat takkan terjadi di tahun 2012 karena memang bukanlah kiamat bila bisa diramalkan kedatangannya. Namun anda pun tetap harus waspada, karena petaka bakal kerap melanda dengan volume yang jauh lebih besar daripada bencana-bencana sebelumnya yang membekap dunia. Inilah yang mungkin menjadi musabab kekeliruan para penafsir kalender suku maya. Oleh sebab beruntunnya bencana berdaya bunuh tak terkira yang mampu mengubah grafik populasi penghuni bumi secara signifikan hingga mnyebabkan para penafsir tak mampu lagi membedakan antara bencana dan kiamat.



Maka lepaskanlah kedua sandalmu. Inilah clue tahun 2012. memang takkan ada kiamat di tahun 2012 melainkan petaka besar yang bakal tergelar. Petaka tersebut berhubungan dengan clue lepaskanlah kedua sandalmu. Seolah-olah Sang Penguasa Petaka hendak mengabarkan titah pada kita untuk melepaskan kedua sandal kita.



SANDAL??



Sandal adalah replikasi dari alas kaki manusia. Sebagaimana alas kaki manusia, sandal memberi keamanan dan kenyamanan bagi kaki untuk melangkah. Di samping mempermudah kinerja transportasi kaki, sandal juga mampu melindungi kaki dari panasnya bumi yang dipijak maupun tajamnya onak.



Sandal merupakan hasil olah teknologi manusia paling sederhana kala itu. Sebelum mengenal piranti transportasi yang lebih kompleks dan advan, manusia telah menciptakan dan menggunakan sandal sebagai piranti trasportasi dirinya. Sandal inilah yang diperintahkan pada Musa untuk ditanggalkan saat hendak memasuki lembah suci di daerah Syam, lembah Thuwa, sebelum menjumpai Tuhannya setelah hampir saja ia menuntaskan lelaku spiritual tapa sepi 40 hari di gunung thursayna.



Seiring bertumbuhnya zaman, berkembang pulalah kemampuan daya cipta teknologi manusia. Sebagaimana sandal yang membantu manusia untuk bergerak dan melangkah dengan cepat dan nyaman, maka zaman ini banyaklah ditemukan piranti lain yang sejenis dengan laiknya fungsi sandal. Dengan temuan yang lebih canggih ini, Manusia zaman ini dapat dengan leluasa bergerak dan melangkah.



Kira-kira apakah alat replikasi kaki manusia yang lebih canggih di zaman ini?

Belumkah kita menyadari hal itu?

Bukankah di zaman ini kita tak perlu berpayah-payah memindahkan tubuh kita dengan kaki dan sandalnya?

Bahkan untuk sekadar mengabarkan berita dan pesan kita pada manusia lain di belahan dunia yang lain tak perlu lagi mengandalkan kaki dan sandalnya. Kita telah dipermudah untuk sekadar bergerak, melangkah maupun menggerakkan dan melangkahkan pesan kita. Inilah yang saya sebut teknologi komunikasi sebagai hasil replikasi tercanggih dari kaki di zaman ini.



Lepaskanlah kedua sandalmu. Bila saya kaitkan dengan zaman dan di tahun ini, maka bolehlah saya tafsirkan lepaskanlah kedua alat teknologimu: transportasi dan komunikasi. TanggaLkanlah kedua-duanya sebelum engkau benar-benar memasuki peradaban baru yang lebih suci dan bersih. Inilah prasyarat itu. Bumi ini terlampau telah banyak dikotori oleh ulah manusia. Untuk membersihkan kotoran itu, Sang Empu Musibah meminta kita melepaskan ketergantungan kita atas replikasi kaki itu di zaman yang lebih canggih ini. Kemampuan kita atas alat tersebut seperti harus di-cut karena memang bakal ada peristiwa besar yang bisa melumpuhkan alat tersebut.



Peristiwa besar tersebut kuasa memporakporandakan basis logika alat komunikasi. Jaringan sistem yang menopang kinerja alat tresebut bakal dibuat rusak semrawut hingga berujung pada ketakberfungsian, stuck, hang atau apa sajalah yang membuat manusia pun tak bisa mengoperasikan kecanggihan alat tersebut. Dengan peristiwa ini manusia dipaksa “bertelanjang kaki”.



Dengan modus apakah sistem komunikasi terganggu?

Menurut beberapa saintis dengan segala perbedaan pendapat yang menyertainya, ada hipotesa akan terjadi dua kejadian besar yang akan melanda di tahun 2012. pertama, lontroversi spekulasi tentang planet Nibiru yang sedang bergerak mendekati sistem tata surya. Planet yang diperkirakan berukuran super besar 20 kali ukuran planet yupiter. Tentu saat palnet ini benar-benar melewati sistem tata surya kita maka daya gravitasinya mampu mempengaruhi gravitasi bumi yang lebih kecil. Sistem magnet bumi, di mana basis komunikasi bergantung, pun akan terganggu.



Kedua, badai matahari. Badai ini terjadi setelah lidah api putih matahari (White solar flare) yang muncul akibat ledakan magnetik matahari. Ledakan ini tidak hanya menghasilkan cahaya yang terlihat oleh mata, namun juga menghasilkan awan partikel super raksasa yang mengeluarkan pusaran magnetik yang dikenal dengan sebutan Coronal Mass Ejection (CME).



CME yang tercipta itu bergerak langsung menuju bumi. Ketika CME itu menghantam bumi, medan magnet yang menyelubungi bumi menjadi terganggu sehingga menciptakan Badai Geomagnetik hingga merontokkan sistem komunikasi kita.



Mengingat sangat tergantungnya infrastruktur kita terhadap jaringan telekomunikasi, maka peristiwa lumpuhnya telekomunikasi mungkin akan membawa kelumpuhan pada sistem lainnya, seperti keuangan dan transportasi.



Sebuah semburan badai matahari yang kuat bisa membawa kerusakan dengan mengintervensi sumber listrik dan jalur komunikasi kita. Ini akan menyebabkan sistem menjadi overload dan akhirnya mengalami kerusakan.



Menurut salah satu laporan yang dikeluarkan oleh National Academy of Science Amerika Serikat, apabila badai itu terjadi, sekitar 300 pembangkit listrik di Amerika bisa lumpuh hanya dalam tempo 90 detik. Ini akan memutuskan persediaan listrik untuk 130 juta penduduk.



Setelah jaringan listrik terputus, persediaan air pun akan ikut terputus. Tanpa adanya listrik dan persediaan air, maka perekonomian akan menjadi lumpuh. Tidak ada aktifitas perkantoran dan transportasi seperti pesawat terbang atau kereta api. Bahkan fasilitas vital seperti markas militer atau rumah sakit juga akan ikut lumpuh. Dengan kata lain Chaos!



inilah chaos global itu. sungguh aku sendiripun tak kuasa membayangkan. hanya satu yang perlu di-underline, bakal banyak sejumlah negara besar yang tumbang. perhatikanlah, siapa saja yang telah berabad sesumbar dialah pemilik peradaban unggul masa kini pasti akan menemui ajalnya. mereka telah terlampau mengagungi kehebatan kekuasaan teknologinya yang sejatinya amat sangatlah rapuh. tak lama lagi, mau tidak mau, kecanggihan teknologinya akan digulung. mereka tak menyadari bahwa sebenarnya penguasaan teknologi mereka sedang bergerak mundur sebagaimana kodratnya. begitulah yg saya tafakkuri di fenomena futuristik kisah yang dibabar Rasulullah.



satu simpul yang hendak saya visualisasikan bahwa "ancaman" teror tafsir "lepaskanlah kedua sandalmu" mampu mengubah arah sejarah. sejarah bakal berbalik. masa depan akan menemui era pra-sejarah di pemberhentian terakhirnya. sejarah pasti menjadi milik mereka yang diuntungkan dengan tidakbergantungannya dengan teknologi rapuh itu. bahkan merekapun diuntungkan dengan berkah semesta sebagai konglomerat sumber daya alam. dialah sang emperium dunia sejati yang bakal memegang tampuk kekuasaannya kembali.



maka, anda sebagai bagian pemuda nuswantara, jangan berlarut dalam sedih. karena andalah pemilik masa depan itu. andalah pasukan dari arah timur yang berarak berpanji hitam lambang leluhur moyangmu, bangsa Lemuria. selama anda tidak silau dengan hegemoni teknologi mereka, maka anda pasti selamat. kembalilah ke khittah nuswantara anda. tahukah anda, peradaban dan kecenderungan anda yang nampak ndeso itulah sejatinya kekuatan terbesar di masa depan. kembalilah ke spirit "rumah" desa anda. bangun desa. hidupkan kembali semangat desa dn agraria. tak lama lagi desa kan menjelma tumpeng yang bakal diperebutkan oleh mereka (meski sebenarnya sudah dikeroyok).



anda harus sadar bahwa jargon "war for oil" bakal rontok. mereka takkan lagi berperang demi minyak. minyak sudah tidak relevan lagi untuk menghidupi mesin-mesin raksasa teknologinya. seiring kejatuhan "rejim" teknologi mereka, maka minyak bakal -paling tidak- useless. segera akan tiba era di mana manusia panik dengan kebutuhan dasar mereka. manusia kelak saat itu sangat bergantung pada sumber daya alam. jangan kaget bila kelak mereka berperang for water! demi air. masih belum sadarkah anda bahwa genderang perang telah lama ditabuh. pelototinlah produk-produk yang terserak di market. ai rnuswantara telah dikangkangi!!



finally, jika anda masih belum sepakat dengan tafsir "liar" saya ini, maka mungkin satu fenomena unik ini bisa sedikit membantu anda, kehebohan di mukaddimah tahun 2012; skandal sandal bocah AAL. kebetulankah?!



Tidak Suka · · Berhenti Mengikuti Kiriman · Bagikan · Hapus

Anda dan Moh Hasanudin menyukai ini.
Tulis komentar...

2 komentar:

Anonim mengatakan...

maturnuwun kangge uthak athik gathuk nya mas.

salam kenal,

~kangmasjuqi

nulisblogkutuk mengatakan...

ok. sama2 cak.
mudah2an tak skadar brhenti di uthak athik athuk yg dpahami org saat ini. uthak athik athuk adalh salah satu warisan kecerdasan peradaban jawa yg tak bisa dsikapi scra sdrhana. krn uthak athik athuk tak senaif yg qt kira. sjatix kearifan ini bnr2 ilmiah bg mreka yg tlh mafhum dg alur logikax. cermatilh fnomena indonesia yg sdang dn akn trjadi dg bbrp ilustrasi yg sy gmbrkn di tlisan ats. trlebih fnomena ini akn makin kentara d bulan maret dpn. :) ayo qt nantikan kelahiran indonesia baru!! :)

Posting Komentar