Maret 24, 2011

Hati-Hati Kata-katamu


Bagi sedulur, taretan, bro n sist, akh n ukh, uda n uni, cak n dek, kak n lek, yg gemar sms-an atawa minimal suka nulis, ngetik dg alat apa aja dn trbiasa "ngebut" (mngkn efisiensi waktu maksudx atawa pingin ngirit ruang layar n pulsa) disarankan dan benar2 sangat disarankan (aq malah klo dperkenankn br"fatwa": fardhu 'ain) untuk mmperhatikan bbrpa hal saat brmaksud ngetik kata yg anda maksudkn. beberapa hal trsebut antara lain:



Pertama, jangan prnah mngetikkan kata "mosque" dlm layarmu ato di apa sajalah. lbh baik kita pake kata, dialek dn lahjah kita sndiri yakni "masjid". coz, "mosque" = "mosquitos". tentu sjauh ini anda telah mafhum apa itu mosquitos. "Mosquitos" hanya takut pd tiga roda. hehehe.. yup "mosquitos" = 'nyamuk".



Kedua, pakailah perbendaharaan kata kita sndirilh dlm menyebut "rumah yg senantiasa mnjadi idaman muslimin". yoe, ketik aja "makkah". jangan pada pingin nampak kliatan ke-inggris2an hingga lebih bangga nyebutin "mecca". Coba deh anda telusuri dn susuri entri2 dlm kamus yg anda punya. Namun, bila anda pun tak berhasil menemukan entri trsebut segera pikir ulang untuk mngganti kamus anda (hehehe.. kurang lengkap kali ya..). sababuhu, "mecca" it means "rumah anggur atawa bir".



Ketiga, mari kita senantiasa memuliakan "orang tua rohani" kita. memuliakn tdk cukup bersholawat saja. tp, mari merekonstruksi ato -klo boleh- harus mereformasi kebiasan ngetik ekspress kita dengan cara selalu mengetikkan nama agung beliau dengan lengkap, "full name". Ayo ketikkan nama beliau dengan utuh. gak boleh separuh. ketikkanlh "Muhammad". Janganlh sekali2 (aq tekankan anda sekali lagi, jangan sekali2!!) anda mengetikkan dengan penampakan seperti ini, "mohd". Karena eh karena, "mohd" kata orang bule itu brarti (maaf) "anjing bermulut besar".



Keempat, bila anda menemukan tulisan ini, "4JJI". di mana aja. di gambar ato di foto apapun. Jangan ditiru!!. karena, kadang kita tdk mngerti lalu menulisnya dengan maksud bermakna "ALLAH". soale kata trsebut lebih cocok dn yang lebih berhak menggunakanx adalah teman2 kita kaum nasrani. sedang "4JJI" sebenarnya akronim dari 'for judas jesus isa".



Kelima, ini nih yang paling ringan kita mengetikkan di layar HP ato situs kita mana saja. mungkin brmaksud pingin cepat dn instan kali. boleh diakui ato tidak, kebanyakan kita lebih memlihi tidak brcapek2 mengetik uluk salam khas kita yang memang panjang banget. klo diketik sprti ini jadinya, "assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh". nah panjang khan?!.. tentu pula tdk ekonomis bagi mereka yg keranjingan sms-an. okelah gpp klo mang mau disingkat. terserah anda mau singkat seperti apa, karena itu adalah hak anda. saya tidak berhak melarang anda. tp, mbok ya jangan disingkat begini bro, "ass". saya berlepas diri dari kecerobohan anda. jangan bawa2 nama saya bro. soale, anda harus segera brsiap2 dan ikhlas digampar orang. coz, bagi yg ngerti makna itu, mereka seolah2 telah dilecehkan anda. seakan2 mereka dihina anda. maksud hati anda ingin ngucapin salam, eh, trnyata yg di seberang sono tersinggung. marah. "enak aja aku dipantat2in!!", bgitu teriak batinnya. hehehe.. yup. "ass" itu yg anda dudukin itu bro. nah!, ya!!. ya!. itu!!. itu tuh!!!.. yup itu!, benar itu!. anda tepat sekali!!. itu adalah "pantat" ato kata orang jawa "bokong".



keenam dan seterusnya, hmm,, silahkan anda cari sendiri bro.. itung2 jd detektif kata dadakn.. klo dapat jg, kasih tau saya jg bro... n sebarin!! :)



*kasih tau temen yg lain ya.. :) *

0 komentar:

Posting Komentar